Senin, 19 Januari 2015

SIKAS TANAMAN HIAS LANGKA...

SIKAS TANAMAN HIAS LANGKA...


Apa itu tanaman Sikas ?   Pakis haji (aji) atau populer juga dengan nama sikas adalah sekelompok tumbuhan berbiji terbuka yang tergabung dalam marga pakishaji atau Cycas dan juga merupakan satu-satunya genus dalam suku pakis haji(Cycadaceae). Masyarakat awam di Indonesia mengenal pakis haji dari beberapa spesies yang biasa ditanam di taman-taman menyerupai palem, yaitu C. rumphii, C. javana, serta C. revoluta (sikas jepang).
Pakis haji  mirip palem, namun sebenarnya sangat jauh kekerabatannya. Kemiripan ini berasal dari susunan anak daunnya yang tersusun berpasangan. Semua pakis haji berumah dua (dioecious) sehingga terdapat tumbuhan jantan dan betina. Serbuk sari dihasilkan oleh tumbuhan jantan dari runjung besar yang tumbuh dari ujung batang. Alat betina mirip daun dengan biji-biji tumbuh dari samping. Alat betina tumbuh dari sela-sela ketiak daun. Walaupun ia disebut "pakis", dan daun mudanya juga mlungker sebagaimana pakis sejati, pakis haji sama sekali bukan anggota tumbuhan berspora tersebut.
 
Sikas pada saat sekarang, jadi tanaman trend untuk taman rumah minimalis yang anggun. bentuknya yang unik memiliki daun seperti bulu dan daunnya tumbuh mengarah menjauhi / keluar dari batang. Warna daunnya hijau tua yang mengkilap. Panjang daun sangat bervariasi, tergantung dari jenis tanaman Sikas.Umumnya untuk tanaman fokus pada taman rumah, Sikas biasanya ditaman dengan ketinggian pohon up 1 meter. Tak sedikit dirumah-rumah mewah "kaum jet set", pasti memiliki tanaman ini.

Keistimewaan tanaman yang termasuk langka ini, a tak rewel, tak menuntut banyak perhatian, dan bandel. Oleh Karenanya, Sikas termasuk tanaman mahal, untuk ketinggian up 1 meter saja, bisa mencapai Rp. 2.000.000,- s/d Rp. 5.000.000,- . Maklum saja, harga sikas ini dipengaruhi juga karena pertumbuhan batangnya cukup lambat, dengan pertumbuhan ruas setiap baris batangnya memerlukan waktu kira-kira 6 bulan lamanya.


Sikas Revoluta, 1 Meter Up_  Pertumbuhan Daun Muda

Sikas Revoluta, 1 Meter Up_ Pertumbuhan Daun Tua 

 

Sikas sangat menyukai sinar matahari. Ia bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Penyiraman pun tak perlu sering dilakukan. Cukup satu sampai dua kali dalam satu minggu. Secara alami sikas berkembang biak secara generatif, dengan kawin dan biji. Bisa juga secara vegetatif, dengan pemisahan anakan. Secara umum, para kolektor tanaman dan pemilik usaha nurseri tanaman hias melakukan perbanyakan dengan vegetatif atau pemisahan anakan tanaman. Anakan tumbuh disamping atau disekeliling batang indukan, jumlah anakan tergantung dari besar batang si induk, dan kesuburan tanah. Pada indukan tanaman sikas saya, anakan bisa berjumlah 5-10 anakan. Proses Pemisahan dilakukan ketika anakan sudah sebesar kepalan tangan serta perakaran yang banyak dan terlihat kokoh.
 
 
 

Sikas batang ganda_Bonsai sikas Gue..
 

Sikas bibit bonggol besar
 
Anakan Sikas
 
 
 
 
 
 
 




Semoga artikel ini bermanfaat.....
Buat yang berminat, saya menyediakan bibitan sikas, tergantung jenis dan ukuran, diantaranya :
- bonggol kecil sampai besar
- sikas bonsai
- Pohon sikas up 1 meter, dengan diameter 60-90 cm, cocok untuk taman rumah minimalis.
   Stok Pohon 3 Batang.
Harga nego sampai jadi......he, he, he...
 

 Notes : Foto adalah foto asli, artikel diambil dari beberapa sumber dan pengalaman sendiri.  Harap Izin untuk posting Foto,
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
   

11 komentar :

  1. Join yuk di forumnya orang pecinta tanaman www.tanaman.id banyak info menarik seputar tanaman lho ,,, mulai dari perawatan tanaman hias,bunga,tanaman buah, tanaman obat, aksesoris tanaman,tips berkebun dan masih banyak lagi....

    BalasHapus
  2. Silahkan mengunjungi forumnya orang yang suka berkebun. Tentang semua jenis tanaman, cara merawat, dan lainnya. Ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    BalasHapus
  3. Sikas batang ganda bonsai d jual brp??

    BalasHapus
  4. Harga brp pas nya yg 1mtr daunya ke atas gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini aja Gan, Masih ada 1 pohon sikas Up 1 meter, diameter lebih kurang 30 cm, dijamin gak kecewa... saya jual cepat aja 1.5 jt diluar ongkir, perkiraan berat 40-50kg. (yg dijual ini lebih besar dari foto up 1M diatas,) Siapa Cepat dia dapat... WA 0813 6613 0029, mhn Sms dulu.

      Hapus
  5. halo,
      kami ingin tahu apakah Anda tertarik dalam biji cycad dan biji sawit kita miliki untuk dijual. kami memiliki

    biji benih spesies langka dan karena itu telah disebarkan benih beberapa spesies langka juga.


    kita memiliki misalnya M.macdonelli, E.hirsutus dan horridus hanya untuk beberapa nama.

    Maka Kami telah pot tanaman

    (gratusfarm11@gmail.com)

    Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan katalog kami pada Seeds kami.
    Kami berbagai macam pohon langka dan biji cycad. Semua benih kami sangat subur dan segar .Feel

    ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya penggemar cycas, mohon informasi akpakah masih punya biji Encephalartos hirsutus, dan berapa harga perbijinya?
      Saya tunggu beritanya
      Salam,
      Handoko

      Hapus
  6. Sikas saya tinggi 2 meter, setelah saya pindahkan kurang lebih 6 bulan yabg lalu sampai sekarang belum juga tumbuh tunas, tetapi anak sikas yg kecil sudah tumbuh 5 tunas. Apakah sikas saya mati di bagian atas? Mohon pencerahan nya. Trims

    BalasHapus
  7. pengalaman saya mas andriyan, saya pernah angkat sikas 1 meter up, biasanya langsung tanam, prosesnya angkat/dongkel dengan akar (akar nya dapat di pangkas). pernah juga ada rekan bisnis nurseri, dia pernah angkat 2 meter, akan tetapi dia potong jadi sekitar 1m lebih. bisa jadi logikanya mas, karena tinggi 2 meter up sikas yang dipindahkan akan sulit tumbuh, karena faktor stress. lebih kurangnya mhn maaf mas..

    BalasHapus
  8. salam sukses
    bagus artikelnya gan, untuk fotonya minta izin dulu buat comot ya.
    terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus